Ketika sobat Beritaku di depan komputer dan mulai melakukan pencarian Google,
dalam sekejap telah tersaji daftar hasil pencarian dari seluruh web di
dunia. Nah, bagaimana cara Google menemukan halaman web yang cocok
dengan permintaan kita dan menentukan urutan hasil pencarian ?
Kita dapat membayangkannya seperti melihat sebuah buku yang sangat
besar dengan indeks yang memberitahu di mana lokasi tepatnya informasi
yang sobat cari. Ketika melakukan pencarian Google, ada program di Google
yang memeriksa indeks tadi untuk menentukan konten paling relevan
dengan yang dicari lalu disajikan kepada si pencari informasi.
Ada 3 proses pokok yang dilakukan Google dalam menyajikan hasil kepada kita:
1. Crawling (Merambat)
Google
punya robot atau program otomatis yang disebut Googlebot. Ketika ada
konten anyar di web, Googlebot dikirim untuk menemukan halaman baru
dan/atau yang diperbarui untuk ditambahkan ke indeks Google.
Google menggunakan sebuah jaringan besar server-server komputer
dari berbagai penjuru dunia (di mana Google meletakkan servernya) untuk
mengambil miliaran halaman di jaringan web. Program yang melakukan
pengambilan inilah yang disebut Googlebot (juga dikenal sebagai robot,
bot, atau spider). Googlebot menggunakan proses algoritma: menentukan situs mana yang harus dirambati, seberapa sering, dan berapa banyak halaman yang akan diambil dari tiap situs.
Proses perambatan Google dimulai dengan daftar URL
halaman web yang didapat dari proses perambatan sebelumnya, dan
ditambah dengan data Sitemap (peta situs) yang disediakan oleh pengelola
situs. Ketika Googlebot mengunjungi masing-masing situs, dia mendeteksi
tautan (link) pada tiap halaman lalu menambahkannya ke dalam daftar
halaman yang harus dirambat. Apakah itu situs baru, perubahan pada situs
yang telah ada, dan tautan yang telah mati dicatat dan digunakan untuk
memperbarui indeks Google.
Google tidak bisa dibayar semisal kita mau robot Google menjelajah
situs kita lebih sering. Fitur ini terpisah dari sisi bisnis yang
merupakan salah satu penghasil uang mereka, yaitu layanan AdWords.
2. Indexing (Mengindeks)
Googlebot memroses tiap halaman yang telah dijelajahinya. Hasi
perambatan disusun dalam indeks besar dari semua kata yang terlacak
serta lokasinya di tiap halaman tadi. Selain itu, Google
memroses informasi yang disertakan dalam, misalnya, tagar dan atribut
seperti judul tag dan atribut ALT (teks yang menjelaskan tentang
gambar). Googlebot bisa memproses banyak hal, tapi tidak untuk semua
jenis konten. Misalnya, Google tak dapat memproses isi dari beberapa
file media atau halaman dinamis.
3. Menyajikan Hasil
Ketika pengguna memasukkan query (permintaan pencarian data), mesin
mencari indeks untuk halaman yang cocok dan mengembalikan hasil yang
dipercaya sebagai hasil paling relevan kepada pengguna. Relevansi
ditentukan oleh lebih dari 200 faktor, yang salah satunya adalah
PageRank. PageRank adalah parameter untuk mengukur pentingnya sebuah
halaman berdasarkan tautan masuk dari halaman lain ke halaman tersebut.
Sederhana, tiap tautan ke halaman di situs kita dari situs lain akan
meningkatkan PageRank. Perlu diingat bahwa tidak semua tautan bernilai
setara. Google terus-menerus bekerja untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian agar tidak terdistorsi oleh, semisal, tautan SPAM
dan praktek curang lainnya, yang dianggap berdampak negatif terhadap
hasil pencarian. Kualitas terbaik dari sebuat tautan yang masuk adalah
mereka memberikannya berdasarkan kualitas konten kita (misalnya seorang
penulis merujuk ke artikel kita sebagai referensi).
Supaya situs kita punya peringkat yang baik di halaman hasil
pencarian, maka penting untuk memastikan bahwa Google dapat merambati
dan mengindeks situs dengan benar. Panduan Webmaster milik Google
menguraikan beberapa praktik terbaik yang dapat membantu kita untuk
menaikkan peringkat situs secara wajar, tidak curang.
0 Response to "Cara Google Menemukan Halaman Web"
Posting Komentar