IBM Buat Film Terkecil di Dunia dari Atom

 

IBM membuat film pendek yang terbuat dari atom. Film ini diklaim sebagai film terkecil di dunia. Film berjudul A Boy and His Atom ini sangat menarik karena film ini dibuat dengan menggunakan mikroskop dengan pembesaran 100 juta kali. IBM menggunakan teknik dari penelitian bertahun-tahun yang dilakukan untuk pengembangan penyimpanan data atom. 

Mereka membuat 250 framestop-motion yang menggambarkan seorang bocah bermain dengan atom, yang dianggap sebagai objek yang sangat kecil yang memiliki massa yang juga kecil dan tidak dapat dibagi-bagi. "Kami mengembangkan teknik manipulasi atom demi misi membuat teknologi penyimpanan yang lebih efisien. 

Kemampuan untuk menyimpan data di individu-individu atom dapat membuat solusi penyimpanan luar biasa. Sangat potensial untuk menyimpan semua film yang pernah dibuat pada sebuah objek berukuran kuku jari," jelas pihak IBM seperti dilansir TheAge

Untuk memanipulasi atom dan membuat film, perusahaan yang telah menjual bisnis komputer personalnya pada Lenovo ini menggunakan mikroskop scanning-tunnelling, yang beroperasi pada suhu minus 258 derajat Celcius.

Mikroskop tersebut kemudian memindahkan jarum super tajam dalam satu nanometer dari permukaan tembaga, yang kemudian menarik dan menggerakkan setiap atomnya satu per satu. 

Penasaran sobat Beritaku ingin menyaksikan film terkecil di dunia? Langsung saja klik di sini.

0 Response to "IBM Buat Film Terkecil di Dunia dari Atom"

Posting Komentar